Sholat tarawih sudah menjadi rutinitas setahun sekali pada bulan ramadlan, karena solat tarawih hanya bisa dilakukan pada bulan ramadlan.
Selain itu, sholat tarawih pada bulan ramadlan sangat dianjurkan untuk memperbanyak beribadah karena pahala setiap ibadah yang dikerjakan di bulan ramadlan dilipat gandakan dari pada beribadah di selain bulan ramadlan. Sebagaimana salah satu hadist yang menerangkan keutamaan bulan ramadlan :
“Setiap pekerjaan baik hamba akan dilipat gandakan yang semula 10 kali lipat menjadi 700 kali lipat, kemudian Allah berfirman: kecuali puasa, karena puasa itu untukku dan aku yang akan membalasannya. Apabila seorang hamba meninggalkan syahwat serta makan karenaku, maka orang yang berpuasa akan memperoleh dua kesenangan. Kesenangan ketika dia berbuka dan kesenangan ketika dia bertemu dengan Allah. Dan niscaya bau mulut orang puasa itu lebih wangi dihadapan Allah dibandingkan wanginya minyak misik.” diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairoh.
Sholat tarawih di kalangan masyarakat cukup beragam dalam segi bilanhan rakaatnya. Ada yang mengerjakan 23 rakaat (20 rakaat tarawih + 3 rakaat witir), ada pula hanya 11 rakaat (8 rakaat tarawih + 3 witir).
Ternyata ketika di telisik lagi, hampir tidak ditemukan pendapat ulama’-ulama’ salaf yang shorih (jelas) menerangkan bahwa salat tawarih 11 rakaat beserta witir, terutama di kalangan ulama’ syafiiyah.
Namun ketika 11 rakaat beserta witir tidak diperboleh dikerjakan akan berdampak kepada kebiasaan masyarakat yang sudah terbiasa mengerjakan sholat tarawih 11 rakaat beserta witir dan akan ada permasalah baru karena ‘Khilaful ‘Adah ‘adawah’ (menyalahi kebiasaan akan menimbulkan permusuhan). Maka dari itu dicarilah pendapat ulama’ yang menerangkan bahwa 11 rakaat tarawih beserta witir boleh dilakukan dan tetap mendapatkan kesunahan pahala salat tarawih walaupun ada khilaf masalah afdhaliyahnya (apakah lebih utama 11 rakaat atau 23 rakaat).
Ternyata ada pendapat ulama’ malikiyah yang menerangkan hal tersebut, paling tidak menjadi sebagai solusi dari kebiasaan masyarakat walaupun bukan pendapat syafiiyah selama tidak keluar dari 4 madzhab, namun tetap yang lebih dianjurkan bahwa solat tarawih 23 rakaat dengan witir.
Keterangan ini diambil dari kitab Qurrotul ‘Ain bi Fatawa ‘Ulama al-Haramain.
قرة العين بفتاوى علماء الحرمين (ص: 316)
وبالجملة فكل من صلاة التراويح بإحدى عشرة ركعة مع الوتر أو بثلاث وعشرين ركعة مع الوتر، أو بأقل أو بأكثر محصل لسنة التراويح بلا خلاف في ذلك، وإنما الخلاف في كون الإحدى عشرة أفضل من الثلاثة والعشرين أو بالعكس، والجمهور على الأول بشرطين: أحدهما: كونها بتطويل القراءة، وثانيهما: كونها آخر الليل لا أوله، ولكن قد جرى العمل بترجيح الثاني لأمرين: أحدهما: أن الناس الآن لم يصلوا التراويح إلا أول الليل؛ لكونه أسهل في حقهم، وثانيهما: أنهم قد جروا على التخفيف في القراءة خوفًا من أن يتركها الأغلب لو طولت، فصار كثرة الركعات عوضًا عن التطويل في القراءة، وقد وقع الخلاف بين العلماء في كون الأفضل كثرة الركعات أو قلتها مع التطويل.
Waallahu a’lamu
بيد الحقير الفقير ميم راء
Penulis : Mustain Romli (Mahasantri Semester Enam Ma’had Aly Nurul Jadid)
Editor : Alfin Haidar Ali.